Wednesday 6 May 2020

NIAT MANDI WAJIB DI BULAN PUASA RAMADHAN

NIAT MANDI WAJIB DI BULAN PUASA RAMADHAN

Pada bulan Ramadhan, setidaknya pada malam harinya kita sudah bisa melakukan hal hal yang di larang pada siang hari karena memang sedang berpuasa. Sehingga pada malam harinya, kita bisa makan, minum, dan juga bisa melakukan kewajiban kita dengan pasangan sah kita. Yakni melakukan tidur bersama.

Akan tetapi, masyarakat awam kadang itu heboh dan bingung, bagaimana tatacara mandi besar pada bulan Ramadhan, apakah sama di hari hari lainnya, apakah beda?

Sehingga tida jarang, mereka yang kurang paham seputar hal ini, akan takut bila mandinya salah karena dianggap tida sama dengan mandinya di luar bulan ramadhan. apakah memang demikian?

Kemudian, orang awam juga kadang banyak yang salah paham, antara niat mandi wajib dengan doa mandi wajib. Sehingga kadang niat dianggap doa. Padahal niat dan doa itu berbeda. Niat itu dibaca saat akan melakukan ibadah, dan letaknya di hati.

Sedangkan doa itu adalah bacaan yang dibaca di mulut, dan tidak perlu di hati. Niat apabila di tidak dilakukan di hati, maka amalnya tida sah. Sedangkan doa tidak sebagaimana niat.

Jadi anda jangan salah kaprah menganggap niat itu sebagai doa ya kawan. 

Kembali pada niat mandi wajib pada bulan Ramadhan, apakah sama dengan niat mandi pada bulan lainnya?

Tentu saja sama ya kawan. Niat ini belaku untuk di bulan bulan lainnya. Sehingga apabila anda ingin mandi baik di bulan Ramadhan atau bulan lainnya, niatnya sama saja.

Kemudian, niat dibaca saat bersamaan dengan mengalirkan air permulaan ke bagian anggota tubuh. Setelah itu, kemudian mengalirkan air ke seluruh tubuh, mulai dari rambut kepala sampai kulit kaki. Semua itu harus tersentuh oleh air, jangan sampai tidak karena bisa tida sah nanti mandinya.

Jadi, yang wajib dilakukan dalam mandi wajib ya hal di atas. Apabila wudu, atau mengalirkan air bagian kanan, itu hukkumnya sunnah, sedangkan yang wajib itu tadi.

Berikut Ini Adalah Niat Mandi Wajib 



نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul Ghusla Liraf’il Hadatsil Akbari Fardhan Lillaahi Ta’aalaa.

Artinya :

“Aku niat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardhu karena Allah SWT.”


NIAT MANDI WAJIB DI BULAN PUASA RAMADHAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: wwwwwgyyt